:: Hari ke-15 ramadhan 2009 : No Spirit ::

Posted: September 17, 2009 in Uncategorized
Tag:, , , , , , , , , ,

“Met malam, honey….. udah baca note Andrian blm hari ini?mending g usah baca, tp boleh koment. *loh? Hi…hi…hi…”

Satu pesan singkat berhasil aku kirim ke honey. Sebuah pesan singkat yang mengandung harapan, agar honey makin penasaran dengan catatan yang aku buat, kemudian lekas membaca dan mengomentarinya.

Bagi yang belum pernah membaca catatanku setiap hari dan yang belum pernah aku tandai dalam catatan-catatanku sebelumnya, perkenalkan, namaku Ardian Sahru Ramadhan. Mahasiswa semester awal salah satu Institut besar di Jawa Timur. Saat ini aku sedang menjalin hubungan dengan seorang wanita cantik yang bernama Ardiani Putri Ramadhani, aku memanggilnya honey. Seorang guru yang aku kenal melalui jejaring sosial, facebook. Dan ini adalah catatan harianku bersama dia.

Selama Ramadhan ini, aku memang berniat untuk mengabadikan hubungan percintaan kami melalui catatan harian. Selain bertujuan agar dia tahu apa yang aku pikirkan, aku juga ingin mengumumkan tentang hubungan kami berdua. Agar semua tahu, ada hal-hal tersembunyi dari hubungan kami. Dan hal yang tersembunyi itu, aku mencoba meramunya menjadi jalinan cerita yang enak dibaca. Menghibur tentu saja.

“sek ta’bcne. harus.”

Berhasil. Aku sudah berhasil membuat honeyku tertarik untuk membaca catatanku. Tinggal menunggu beberapa saat, honey akan memberikan komentarnya dalam catatanku.

********

Tak terasa, Ramadhan sudah menginjak pada hari yang kelima belas. Benar-benar tak terasa. Padahal di awal puasa kemarin, hampir setiap hari aku mengeluh karena puasa terasa sangat panjang. Dan ternyata bukan aku saja, banyak status teman-teman facebookku yang bernadakan keluhan-keluhan. Belum lagi, Ramadhan tahun ini, kampung kami sedang mengalami kekeringan, jadi puasa ini benar-benar terasa panas.

Ramadhan seperti ini, biasanya banyak orang menghabiskan hari-harinya untuk lebih sering menonton TV. Alhamdulillah, sampai saat ini, aku jarang sekali nongkrong dan menghabiskan waktuku hanya di depan TV. Selain karena rumahku tidak punya barang elektronik itu, aku memang tidak suka dengan acara tv yang jauh dari kesan mendidik itu.

Tv sebenarnya kami punya, tapi tidak di dalam rumahku. Tv kami kini berada di toko kakakku. Kalau aku ingin menyaksikan sesuatu, di tv, biasanya aku harus pergi dulu ke toko kakakku. Acara favoritku sampai saat ini adalah acara-acara yang ditayangkan oleh Metro tv. Selain mendidik, acara yang dikemas juga sangat bermanfaat. Beda sekali dengan stasiun-stasiun lainnya. Bila Ramadhan seperti ini, acara yang dikemas kebanyakan mengandung humor dan lawakan. Sedangkan aku, dari dulu memang gampang bosan jika melihat lawakan yang terkesan garing dan hambar. Jadi sudah pantas jika aku tidak begitu suka melihat acara tv selama Ramadhan ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ketika Ramadhan seperti ini, banyak stasiun televisi berlomba-lomba merancang program bertemakan Ramadhan. Selain demi untuk menghibur dan menyemarakkan suasana Ramadhan tahun ini, mereka juga punya niat menggaet iklan sebanyak-banyaknya. Kapan lagi bisa menarik keuntungan berlimpah kalau tidak pada saat event-event seperti ini. Tapi sayangnya, tujuan awalnya sekarang sudah pindah jalur alias sudah melenceng.

Meskipun banyak program yang bertemakan Ramadhan, tapi dari sekian banyak program yang tayang, banyak sekali tayangan-tayangan yang keluar jauh dari koridor keislaman. Malahan, dari beberapa program yang ada, hanya simbol-simbol Arabnya yang sangat kentara. Unta, Surban, Padang pasir dan logat bahasa ke-arab-araban. Sedangkan programnya, isinya paling banyak tentang celaan, makian, merendahkan dan juga kata-kata kasar yang banyak diucapkan oleh tokoh-tokoh komedi. Lantas, di mana letak spirit Ramadhan yang hendak disampaikan oleh tayangan Ramadhan ini?

Tinggalkan Balasan

